Investasi Apartemen vs Rumah. Mana yang Lebih Menguntungkan?

Share:
Strategis merupakan salah satu alasan kuat mengapa beberaa orang memiliki apartemen dan halaman yang luas menjadi salah satu alasan beberapa orang memilih rumah. Dari hal-hal seperti itu, invetasi apartemen vs rumah, sebenarnya manakah yang lebih menguntungkan? untuk dalam segi keuntungan dari tahun ketahun apartemen di jakarta masih mendominasi dalam hal investasi property untuk jangka panjang, maka karena itu manakah Investasi apartemen vs rumah yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut dibawah ini adalah penjelasannya.

1. Investasi Rumah

investasi rumah
Image : pixabay

Kelebihan investasi rumah :

1. Biaya yang dikeluarkan tiap bulan hanya untuk biaya keamanan, kebersihan, air, listrik dan pbb.
2. Tidak seperti apartemen yang harus mengeluarkan biaya untuk service charge/sinking fund.
3. Bebas untuk merenovasi bangunan.
4. Memiliki lahan yang bisa dimaksimalkan fungsinya sesuai dengan kebuhan.
5. Status tanah hak milik.
6. Harga jual yang selalu meningkat dan cocok untuk investasi jangka panjang.

Kekurangan Investasi Rumah:

1. Bila salah memiliki lokasi maka akan terkena potensi terkena bencana banjir, longsor, gempa bumi, dan lain-lain.
2. Harga sewa yang lebih kecil dibandingkan dengan apartemen (capital rate 3-7% per tahun tergantung fasilitas dan bangunan).

Investasi Apartemen

investasi apartemen
image : Pixabay

Kelebihan Berinvestasi Apartemen :

1. Lokasi apartemen biasanya terletak dengan strategis dan dekat dengan pusat kota, pendidikan, rumah sakit dan sebagainya.
2. Memiliki berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak apartemen yaitu kolam renang, keamanan 24 jam, gym,mini market, restaurant, laundry dan lain sebagainya.
3. Lebih privasi.
4. Bisa disewakan dengan harga lebih besar dibandingkan dengan harga sewa rumah yaitu memiliki 5. capital rate tinggi sekitar 7-11% per tahun tergantung fasilitas, luas ruangan dan lokasi.


Kekurangan Berinvestasi Apartemen:

1. Biaya yang perlu dikeluarkan lebih banyak dibandingkan dengan rumah yaitu untuk biaya service charge, sinking fund).
2. Legalitas status penggunaan tanah (Hak Guna Bangun).
3. Renovasi terbatas.

Dari penjelasan tersebut, apakah Anda suka memahami investasi apartemen vs rumah dan sudah bisa memilih properti apa yang mau dijadikan sebagai ladang bisnis?

Sebenarnya di dalam invetasi apartemen vs rumah tidak perlu dipermasalahkan, melainkan apa jenis properti hunian yang dapat memberikan keuntungan lebih besar dalam jangka pendek atau panjang.

Sehingga, jika membicarakan mana yang lebih menguntungkan investasi apartemen vs rumah, keduanya sama-sama menguntungkan, tapi Anda juga perlu memperhatikan beberapa faktor seperti fungsi, fasilitas, biaya, lokasi, dan lingkungan agar Anda nyaman dan investasi dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Ini Dia Jenis dan Harga Bantal Leher Kekinian yang Harus Anda Gunakan Saat Berpergian Jauh


Mencari Investasi Properti

Jika Anda sudah siap untuk melakukan investasi di bidang properti, khususnya apartemen. Anda bisa dengan cepat dan mudah mencari informasi di website yang menyediakan 2 jenis ulasan tentang apartemen yang mana yang cocok untuk anda dan perlu anda ingat dalam segi kita berinvestasi pastinya ada plus minus yang di tawarkan dan anda pun harus tau masalah kekurangan dari beberaoa sektor investasi baik itu rumah maupun investasi apartemen.

Investasi Apartemen vs Rumah. Mana yang Lebih Menguntungkan?

Tidak ada komentar