Mengulas Spesifikasi dan Harga Jual iPhone 6 Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Share:

iPhone 6 menjadi salah satu smartphone Apple yang hits dan paling banyak dibicarakan selama tahun 2016. Meskipun terbilang sudah lama sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2015, namun seri iPhone yang satu ini masih terbilang layak untuk menyaingi smartphone Android keluaran 2018 ini. Harga jual iPhone 6 di awal kemunculannya dibanderol dengan harga yang cukup membuat orang awam harus menghela nafas, yaitu di kisaran balasan juta. Terlebih saat mengetahui spesifikasi yang disematkan yang terlihat biasa saja untuk ukuran smartphone di high end level. Hal ini sempat membuat kontroversi dan penilaian sehingga banyak dibicarakan oleh para pecinta gadget.

Seperti yang kita ketahui, Apple selalu efisien dalam memberikan spesifikasi untuk dapur pacunya. Namun meskipun begitu performa yang dihasilkan lebih dari mumpuni dibandingkan dengan smartphone Android di kelasnya. Seperti misalnya dengan hanya membekali RAM 2 GB untuk mendukung performa kerjanya untuk kegiatan multitasking. Tidak seperti smartphone Android yang memerlukan RAM 2 GB hingga lebih untuk multitasking karena adanya garbage collection. iPhone tidak memerlukan RAM dengan kapasitas berlebih untuk pemrosesan layaknya di sistem operasi Android. Sehingga RAM 1 GB maupun 2 GB saja sudah lebih dari cukup untuk memberikan performa terbaik.

Dengan harga jual iPhone 6 yang fantastis, Anda akan mendapatkan spesifikasi layar berukuran 4,7 inchi beresolusi 1334 x 750 dengan kerapatan layar 326 ppi. Untuk tampilan luar, sekilas antara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus hampir memiliki kemiripan. Desainnya memiliki pinggiran yang melengkung yang mana sesuai dengan kontur tangan manusia, jauh berubah dibandingkan dengan serinya yang terdahulu. Sistem operasi yang digunakan adalah iOS 8 yang mengusung chip A8. Untuk prosessornya menggunakan Dual Core 1,4 GHz 64 bit didukung dengan RAM berkapasitas 1 GB. sedangkan untuk spesifikasi kameranya disematkan kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan beresolusi 1,2 MP.

Sebelum memutuskan untuk membeli iPhone 6 di toko handphone maupun situs belanja online, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini ulasannya.

Mengulas Spesifikasi dan Harga Jual iPhone 6 Serta Kelebihan dan Kekurangannya


  • Kelebihan
Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh iPhone 6 adalah sebagai berikut.

ü  Memiliki desain yang elegan dan mewah dengan ukuran yang nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan.
ü  Memiliki tipe layar LED backlit IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu memberikan hingga 16 juta warna.
ü  Menggunakan sistem operasi versi iOS 8 yang masih bisa diupgrade ke versi terbaru iOS 8.1.3.
ü  Dibekali prosesor grafik dari PowerVR GX6450 (Quad-Core graphics).
ü  Dibekali kamera utama beresolusi 8 MP yang setara dengan 3264 x 2448 pixels lengkap dengan fitur phase detection autofocus, dual Led (dual tone) flash, 1/3” sensor size, 1.5 um pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face/smile detection, dan HDR (photo/panorama).
ü  Pilihan memori penyimpanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 16 GB, 64 GB, dan 128 GB.
ü  Mendukung konektivitas di jaringan 2G, 3 G, dan 4G LTE.
ü  Konektivitas Wifi, Bluetooth, NFC, USB serta fitur GPS.

  • Kekurangan

ü  Kamera depan masih beresolusi 1.2 MP.
ü  Masih menggunakan prosesor Dual core.
ü  Hanya dibekali dengan RAM 1 GB.
ü  Tidak terdapat fitur OIS (Optical Image Stabilization).
ü  Daya tahan baterai yang tidak sekuat iPhone 6+ dan baterai yang masih bersifat non-removable.
ü  Harga jual iPhone 6 yang terbilang cukup mahal.


Tidak ada komentar