Ini Dia Tips Aman Mengemudi Mobil di Tengah Hujan Deras

Share:
Kemungkinan untuk mengemudi mobil di tengah cuaca hujan deras memang cukup kecil karena kebanyakan orang memilih menunggu dulu sampai cuaca membaik. Hanya saja tidak tertutup kemungkinan Anda berada pada posisi musti memacu mobil di tengah guyuran hujan deras tersebut. Memang resiko mengalami kecelakaan lebih tinggi ketimbang mengemudi disaat cuaca baik-baik saja, dan resiko meningkat jika harus menerobos hujan di waktu malam. Cuaca buruk membuat jalanan licin dan ditambah minimnya penerangan karena sudah malam. 

Gambar terkait
 
Jika memang kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menghindari kondisi mengemudi di tengah cuaca buruk seperti ini. Maka untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan simak tips di bawah ini dulu:

1. Mengemudi pelan-pelan saja,

Saat cuaca buruk karena guyuran hujan deras dan kebetulan juga sudah malam maka baiknya memacu kendaraan tidak berlebihan. Turunkan kecepatan mobil Anda sehingga tidak mudah tergelincir oleh jalanan yang licin. Jika memacu kendaraan terlampau cepat misal karena terburu-buru maka akan memperbesar resiko mengalami kecelakaan. Apalagi jarak pandang saat hujan dan malam hari semakin pendek, cara amannya tentu saja pelan-pelan saat mengemudi.

2. Memperhatikan jarak aman,


Selain melajukan mobil dengan kecepatan rendah keselamatan mengemudi di tengah hujan deras juga lebih terjamin jika memperhatikan jarak aman. Cuaca yang buruk membuat penglihatan sering bermasalah, entah karena jarak pandang yang semakin pendek atau karena kaca depan mobil yang mudah berembun. Namun, untuk keamanan bersama pastikan jarak dengan mobil di depan sudah aman. Terlalu dekat memperbesar resiko mengalami kecelakaan beruntun, apalagi jika sampai mobil di depan mengerem mendadak.

3. Hindari tindakan mengerem secara mendadak,

Mengerem mendadak di tengah hujan deras adalah tindakan yang berbahaya maka sejak awal musti melaju dengan kecepatan rendah dan mengatur jarak aman. Jika dilakukan akan menciptakan resiko aquaplaning yakni suatu kondisi dimana mobil malah tergelincir karena mengerem mendadak padahal kondisi jalan super licin tergenang air. Baiknya melaju dengan kecepatan yang terbilang rendah, sehingga saat ada yang menyeberang atau kendaraan di depan berhenti mendadak. Anda tidak ikut-ikutan menginjak pedal rem mendadak pula.

4. Pastikan lampu depan mobil cukup terang,


Bagi pemilik mobil memang disarankan untuk mempergunakan lampu mobil yang menghasilkan cahaya terang, lampu jenis LED lebih direkomendasikan. Sebab cahaya yang dihasilkan lebih cerah dan juga terang untuk membantu pengemudi mengamati kondisi jalan di depan dan sekitarnya. Lampu yang terang ini bisa meningkatkan jarak pandang sewaktu menembus hujan deras di waktu malam, sekaligus memberi tanda bagi kendaraan lain akan keberadaan Anda. Sehingga keamanan lebih terjamin, disarankan sudah memeriksa kondisi lampu mobil sebelum diajak menembus hujan.

Tidak ada komentar