Takut Cedera Saat Berolahraga? Inilah 4 Olahraga yang Minim Resiko!

Share:
Sebelum menikmati olahraga secara teratur kadang kala Anda ragu karena khawatir mengalami cedera sewaktu melakukannya. Memang faktanya kegiatan olahraga memiliki resiko untuk cedera bagi siapa saja yang menikmatinya, bahkan bagi yang sudah berpengalaman sekalipun. Kalangan instruktur pun tidak terlepas dari resiko tersebut meskipun sudah melakukan pemanasan dengan sebaik mungkin. Namun asalkan berhati-hati maka dijamin akan menikmati kegiatan olahraga ini dan memetik segunung manfaatnya bagi kesehatan fisik maupun psikis, jadi silahkan dipertimbangkan kembali. 

Hasil gambar untuk jogging
 
Agar tidak terlalu berat untuk menikmati olahraga maka bisa memilih jenis olahraga yang resiko cideranya terbilang ringan atau kecil. Berikut adalah beberapa pilihannya:

1. Berjalan kaki,


Ingin sehat dan bugar namun takut cedera saat berolahraga? Tenang, Anda bisa menikmati olahraga jalan kaki yang terbilang resikonya sangat kecil. Apalagi jika dilakukan sambil santai misal sewaktu pagi hari menjelang Anda pergi beraktivitas ke sekolah, kampus, atau mungkin kantor. Berjalan kaki bisa membantu tubuh membakar kalori lumayan banyak dan tentunya memperbaiki metabolisme sehingga dijamin bugar. Asalkan memakai alas kaki resiko mengalami cedera terbilang sangat rendah bahkan nyaris nihil.

2. Jogging,

Opsional lain dari olahraga jalan kaki yang juga sangat aman dilakukan oleh semua kalangan bahkan lansia adalah jogging. Meski mirip dengan olahraga lari biasa namun sejatinya ada sejumlah perbedaan mendasar antar keduanya. Misalnya saja dilihat dari kecepatan dimana jogging cenderung santai dan tidak menghentak seperti olahraga lari biasa. Sehingga resiko cedera bahkan di kaki terbilang kecil, namun pastikan tetap melakukan peregangan atau pemanasan sebelumnya. Sehingga otot yang kaku dipakai tidur semalaman bisa lebih rileks diajak jogging.

3. Berenang,


Khusus untuk Anda yang menyukai air maka ada kabar bagus sebab olahraga berenang ternyata masuk kategori olahraga dengan resiko yang sangat kecil. Hal ini dapat terjadi karena sewaktu berenang tubuh akan murni masuk ke air sehingga beban otot dan persendian diangkat oleh air di kolam. Sekalipun bergerak dengan keras untuk berenang dari ujung ke ujung otot dan sendi dalam kondisi aman terlindungi. Sehingga untuk yang suka air sekaligus khawatir cedera saat berolahraga bisa menjadikan olahraga ini sebagai pilihan.

4. Bersepeda,

Selain berenang, ada satu lagi olahraga yang menyenangkan namun resiko cideranya terbilang sangat kecil yakni bersepeda. Sewaktu kecil dijamin Anda sudah kenal dengan kebiasaan bersepeda yang ternyata masuk kegiatan olahraga. Olahraga ini dijamin menyenangkan karena bisa berkeliling jauh tanpa perlu berjalan kaki atau berlari melainkan mengayuh sepeda yang gerakannya lebih cepat. Olahraga ini minim resiko kecuali jika tanpa sengaja terjatuh atau di tabrak pengguna kendaraan lain di jalan. Jadi selama hati-hati dijamin aman.

Tidak ada komentar