Tips Merawat Ban Motor dengan Baik Agar Tidak Mudah Rusak

Share:
Ban pada motor merupakan salah satu bagian penting yang memiliki pengaruh pada kinerja dari motor itu sendiri. Selain berfungsi sebagai alat penggerak utama dari jalannya motor yang Anda gunakan, ban juga memiliki fungsi penting dalam menentukan kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara. Jika ban motor yang Anda gunakan dalam kondisi yang tidak baik ataupun tipis maka selain selip akan dapat terjadi yang dapat mengakibatkan sistem berkendara Anda oleng, bahaya pun dapat mengancam keselamatan Anda. Untuk menjaga keawetan dan tekstur dari ban motor Anda, perawatan dengan optimal dengan cara yang tepat pun harus Anda lakukan, agar nantinya ban dapat terjaga ketebalan dan tekstur pada permukaannya. 

Hasil gambar untuk merawat ban motor
 
Hal utama yang harus Anda lakukan dalam melakukan perawatan ban dengan optimal adalah selalu menjaga kondisi tekanan udara pada ban tersebut. Pastikan bahwa ban motor yang Anda gunakan memiliki tekanan yang sesuai dengan tekanan udara normal yang disarankan untuk penggunaan ban sesuai dengan jenis motor yang Anda gunakan. Tidak ada salahnya jika Anda mengisi ban motor Anda dengan gas nitrogen, karena memang gas inilah yang mampu meredam panas yang harus dihadapi oleh motor Anda, sehingga tekanan angin dalam ban akan tetap stabil.

Hal lain yang perlu Anda lakukan dalam melakukan perawatan ban motor yang Anda gunakan, antara lain adalah:

  1. Rajinlah untuk membersihkan kotoran ataupun batu-batu kecil yang terselip pada bagian batikan ban, karena hal tersebut dapat membawa akibat perobekan pada bagian ban luar motor Anda.
  2. Hindari untuk meletakkan ataupun memarkirkan motor ditempat yang panas ataupun terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena hal tersebut dapat ,mempengaruhi tekanan udara yang ada didalam ban motor Anda.
  3. Gunakan motor sesuai dengan aturan penggunaan motor itu sendiri, dimana penggunaan motor yang melebihi beban dapat mengakibatkan tekanan dan tekstur pada ban menjadi tidak stabil.

Hindari untuk menggunakan motor pada jalanan yang berlubang dan banyak gelombang, karena hal tersebut juga dapat mengakibatkan cepat tipisnya ban motor yang sedang Anda gunakan. Gunakan motor dengan kecepatan yang stabil dan hindari menggunakan motor dalam kecepatan yang tinggi yang dapat mengakibatkan Anda melakukan sistem pengereman secara mendadak. Sistem pengereman mendadak ini juga dapat menyebabkan ban menjadi cepat tipis.

Selalu lakukan pengecekan kondisi pada ban motor Anda, apabila terlihat bergoyang maka periksa bagian leher bearing dan segera lakukan penggantian pada bagian leher bearing tersebut, agar nantinya tidak menganggu tekstur dari ban kendaraan Anda. Ban dengan kondisi bearing yang bergoyang dapat mengakibatkan terkikisnya permukaan ban secara tidak merata. Periksa selalu kondisi ban motor Anda sebelum digunakan, agar nantinya kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara dapat lebih terjaga.

Tidak ada komentar