Yuk Cek Status Berat Badan Anda dengan Kalkulator BMI Ini!

Share:
Berat badan yang ideal diperlukan untuk siapa saja baik pria maupun wanita. Dengan berat badan yang sesuai, bukan hanya penampilan Anda yang akan terlihat lebih menarik namun juga kesehatan Anda akan lebih terjamin. Untuk menentukan apakah berat badan yang dimiliki sudah termasuk ideal atau belum, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berkunjung ke tenaga kesehatan untuk berkonsultasi atau dengan cara yang lebih mudah dan sederhana seperti menggunakan kalkulator BMI
 
Hasil gambar untuk kalkulator bmi

BMI adalah singkatan dari Body Mass Index yang merupakan cara penghitungan untuk membandingkan apakah berat badan yang dimiliki sudah seimbang dengan tinggi badan Anda. Hasil perhitungannya akan membagi menjadi 6 kategori yaitu kurus, normal, gendut, obesitas 1, obesitas 2 dan obesitas sangat tinggi. Untuk melakukan perhitungan, Anda bisa mendownload aplikasi kalkulator BMI atau melakukannya secara online. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan memasukkan data berat badan dan tinggi badan. Setelah kedua data tersebut diisi, Anda bisa langsung mengklik Hitung untuk melihat hasil perbandingan. Kalkulator kemudian akan memperlihatkan hasil dengan menggunakan angka. Berikut ini adalah arti angka-angka yang bisa Anda dapatkan dari hasil perhitungan menggunakan kalkulator BMI beserta hasil dan penanganannya:

Kurang dari 18,5 (Kurus).


Jika Anda mendapati nilai akhir kurang dari 18,5 berarti Anda masuk dalam kategori kurus. Meski banyak yang mengira kurus lebih baik dibandingkan dengan gemuk, namun berat badan yang terlalu kurus dibandingkan tinggi badan akan membuat kerja organ menjadi kurang maksimal. Hal ini juga berarti asupan makanan Anda sehari-hari kurang kandungan kalori atau kurang jumlahnya sehingga perlu menambah porsi makanan yang mengandung kalori.

18,5 - 24,99 ( Normal).


Berada diantara angka tersebut berarti Anda memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan. Namun untuk terus mendapatkannya Anda juga perlu mengatur pola makan agar berat badan tak mudah naik atau turun. Memiliki BMI yang ideal juga belum berarti Anda terbebas dari penyakit karena banyak penyakit yang tidak berhubungan dengan berat badan.

25 - 29,99 (Gendut).

Berada di kategori ini berarti Anda memiliki berat badan yang melebihi standar jika dibandingkan dengan tinggi badan. Meski belum terlalu banyak namun Anda di posisi ini perlu lebih memilih makanan untuk menurunkan berat badan agar berada di posisi normal. Memiliki berat badan yang berlebihan akan membuat Anda memiliki resiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi.

30 - 34,99 (Obesitas 1).

Di kategori ini sudah bisa disebut sebagai keadaan obesitas yang dapat mengundang bahaya penyakit terutama penyakit pembuluh darah. Lakukan olahraga secara teratur untuk membakar lemak. Hindari makanan berlemak dan kolesterol tinggi untuk menurunkan berat badan menjadi ideal.

35 - 39,99 (Obesitas 2).

Pada kondisi ini Obesitas menjadi penyakit kronis yang sudah mengganggu aktifitas dan penampilan Anda. Segera lakukan diet ketat dengan cara yang benar untuk menghindari komplikasinya.

40 keatas (sangat Obesitas).

Di kategori ini Anda sudah sangat terganggu dan bahkan tergantung dengan bantuan orang lain. Lakukan diet ketat dan olahraga dengan bantuan instruktur profesional untuk mengupayakan kesehatan dan aktifitas agar kembali normal.

Itulah beberapa kategori yang ada pada kalkulator BMI yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kondisi berat badan dibandingkan dengan tinggi badan. Setelah menerima hasilnya, jangan hanya berdiam diri saja namun lakukan apa yang dianggap perlu untuk menjaga kesehatan dan aktifitas sehari-hari.

Tidak ada komentar