3 Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Ada Di Indonesia

Share:
Produk asuransi syariah makin populer di Indonesia dengan populasi muslim terbesar di dunia, tidak heran jika produk yang berbasis hukum Islam mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di kalangan masyarakat. Tidak terkecuali produk keuangan asuransi.

3 Jenis Produk Asuransi Syariah Yang Ada Di Indonesia

Dengan asuransi syariah, masyarakat bisa tenang mendapatkan perlindungan finansial tanpa adanya dosa riba, dengan menggunakan sistem bagi hasil, dan juga prinsip kesepakatan yang menggunakan cara akad, membuat produk asuransi syariah makin diminati. Berikut adalah jenis-jenis produk asuransi berbasis syariah yang bisa Anda miliki.

Takaful pribadi

Takaful pribadi adalah produk asuransi syariah yang digunakan untuk melindungi individu dari resiko. Takaful pribadi dibagi menjadi beberapa macam jenis yaitu antara lain adalah takaful investasi yang memberikan jaminan pensiun kepada nasabah maupun memberikan santunan bagi ahli waris jika nasabah meninggal dunia sebelum masa polisnya habis, takaful dana haji adalah perlindungan dana diberikan kepada nasabah yang akan menunaikan haji, takaful dana siswa adalah asuransi pendidikan untuk anak, dan takaful jabatan yang memberikan santunan bagi ahli waris apabila nasabah yang menduduki jabatan penting meninggal dunia atau tidak menduduki jabatan tersebut lagi.

Takaful grup

Produk asuransi syariah ini memberikan perlindungan kepada individu yang berada dalam sebuah kelompok, misalnya perlindungan yang diberikan untuk karyawan dalam sebuah perusahaan, kepada masing-masing peserta kelompok tur liburan, kepada siswa yang bersekolah di sekolah tertentu, dan sebagainya. Ada juga bentuk takaful perjanjian yang bisa melunasi hutang nasabah yang meninggal sebelum masa perjanjian hutangnya berakhir sehingga hutang tidak menjadi tanggungan ahli waris.

Takaful Umum

Sedangkan produk asuransi syariah yang satu ini adalah perlindungan yang sifatnya umum seperti misalnya takaful kebakaran yaitu perlindungan yang diberikan kepada korban apabila terjadi kebakaran api meski korban kebakaran bukan nasabah asuransi namun statusnya adalah tertanggung, ada juga takaful rekayasa yang memberikan perlindungan terhadap pekerja proyek bangunan baik itu pembangunan rumah, gedung perkantoran, maupun konstruksi bangunan lainnya. Tidak hanya orang, takaful umum juga bisa digunakan untuk memberikan perlindungan pada barang misalnya takaful pengangkutan yang digunakan untuk jaminan ganti rugi jika terjadi resiko pada barang yang diangkut baik melalui jalur udara, darat, maupun laut.

Tidak ada komentar