Peluang Usaha Distributor

Share:
Saat ini banyak peluang usaha bisnis yang dapat Anda jalankan dengan modal pas-pasan, salah satunya adalah sebagai seorang distributor. Untuk menjadi seorang distributor, Anda tidak dituntut untuk memiliki modal yang besar. Anda dapat menjadi seorang distributor pulsa, distributor frozen food, distributor rokok, distributor alat-alat kosmetik dan kecantikan maupun distributor sembako.

Peluang Usaha Distributor

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, pastinya setiap orang membutuhkan sembako untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari. Hal ini memberikan peluang yang cukup besar bagi Anda untuk menjalankan usaha distributor sembako. Selama manusia hidup, pasti memerlukan sembako jadi bisa dikatakan jika usaha distributor sembako memiliki prospek yang menjanjikan untuk dijalankan.
Apa yang Dimaksud Distributor Sembako?

Pada dasarnya distributor adalah orang yang bertugas untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Jadi tugas seorang distributor adalah untuk membawa barang atau produk tertentu dari seorang yang memproduksi barang kepada orang yang akan menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut.

Sebagai seorang distributor sembako maka tugas Anda adalah menyalurkan barang-barang sembako dari produsen kepada konsumen. Barang-barang sembako biasanya meliputi, beras, minyak goreng, telur, garam, LPG, gula, buah, susu, sayur, dan lain sebagainya. Sebagai target pasar, Anda dapat memilih toko, warung, restoran, warga sekitar, swalayan, dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha distributor sembako, di bawah ini terdapat tips khusus yang dapat Anda lakukan untuk menjadi distributor sembako yang sukses. Menjadi seorang distributor sembako dapat Anda jadikan sebagai usaha sampingan karyawan yang dapat mendatangkan keuntungan.

Tips untuk Menjadi Distributor Sembako yang Berhasil dan Sukses

1. Menggali informasi pasar

Untuk menjadi seorang distributor sembako yang sukses, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menggali informasi pasar. Anda dapat memantau apakah permintaan sembako target pasar Anda cukup tinggi atau tidak? Apakah telah ada distributor sembako sebelumnya atau tidak? Produk sembako apa saja yang masih kesulitan untuk didapatkan oleh target pasar?

Melalui berbagai informasi yang Anda dapatkan, Anda akan dapat dengan mudah menentukan langkah apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan survei harga dari berbagai tempat untuk menentukan harga jual yang akan Anda tetapkan. Hal tersebut untuk menghindari jangan sampai produk yang Anda jual terlalu tinggi ataupun terlalu murah.

2. Cari pusat sembako terbaik dengan harga sesuai

Pemilihan pusat sembako sangat berpengaruh terhadap harga barang yang akan Anda jual nantinya. Pilihlah pusat sembako yang menawarkan harga terbaik dengan kualitas terbaik juga. Anda juga harus memperhatikan letak pusat sembako karena walaupun harga yang ditawarkan murah namun dengan letaknya yang cukup jauh dari tempat Anda, tentu akan menambah biaya transportasi.

3. Tampil beda dibanding distributor sembako yang lain

Buatlah pembeda dari distributor lain yang telah ada sebelumnya. Tawarkan harga yang bersaing dengan pelayanan terbaik. Jangan mematok harga yang terlalu murah sehingga bukan keuntungan yang akan Anda dapatkan justru malah kerugian yang perlahan. Memang barang yang Anda jual laris manis namun ternyata Anda justru rugi.

Mungkin Anda dapat melakukan berbagai hal berikut kepada konsumen sebagai pembeda antara Anda dengan distributor yang lain, misalnya:

• Ramah dan senyum dalam menjawab setiap kebutuhan konsumen
• Menawarkan layanan pengiriman jika diperlukan
• Memberikan garansi produk yang berkualitas
• Menawarkan opsi untuk pengembalian jika memang ditemukan produk yang rusak
• Memberikan takaran dan pemaparan produk yang transparan dan sesuai

4. Layani semua konsumen berapapun jumlah pembeliannya

Untuk menjadi seorang distributor sembako yang sukses, usahakan memenuhi semua kebutuhan konsumen dari yang terkecil hingga terbesar. Konsumen besar biasanya hanya membutuhkan produk Anda sesekali waktu saja dalam jumlah yang besar. Namun, konsumen kecil akan membutuhkan sembako Anda rutin setiap hari walaupun dalam jumlah yang kecil.

Meski kadang keuntungan akan terlihat lebih besar saat Anda menjual produk sembako pada konsumen besar namun melalui konsumen kecil, Anda akan mendapatkan keuntungan sedikit demi sedikit tiap harinya yang akan terkumpul banyak juga nantinya. Jadi, layani semua konsumen berapapun jumlah pembeliannya.

5. Buat pembukuan tentang daftar pembelanjaan dan penjualan

Pembuatan pembukuan sangat penting untuk menentukan secara riil berapa jumlah pembelanjaan dan penjualan yang Anda lakukan. Catatlah semua transaksi penting yang berhubungan dengan usaha distributor sembako Anda. Dengan melakukan pembukuan maka Anda juga dapat menentukan berapa besarnya laba/rugi yang Anda dapatkan selama menjalankan usaha sebagai distributor sembako.

Itulah sedikit uraian mengenai peluang usaha distributor yaitu distributor sembako yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar