Asuransi Life Indonesia: Mengenal 2 Jenis Sistem Klaim Asuransi Kesehatan, Jangan Sampai Salah Pilih

Share:
Kesehatan juga termasuk salah satu rezeki yang sangat mahal harganya, ketika seseorang sudah terserang penyakit selain tubuh yang merasa kurang nyaman, maka mereka tidak dapat menjalani beragam jenis aktifitas sehari-hari, biaya pengobatan yang kian lama kian mahal juga membuat sebagian kalangan tidak bisa mendapatkan fasilitas pengobatan secara layak. Hal inilah yang kemudian mengharuskan Anda paling tidak memiliki asuransi kesehatan, bentuk perlindungan atau proteksi yang paling penting untuk dimiliki, sejak masih muda. karena faktanya resiko penyakit memang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Asuransi life Indonesia juga banyak sekali yang menawarkan produk-produk terbaiknya.

Dalam membeli produk asuransi kesehatan memang ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu, jadi nantinya tidak akan salah pilih hingga kemudian menyesal. Termasuk yang paling penting adalah mengenali produknya terlebih dahulu. Apa saja yang tertera di dalam isi polis atau klausal-klausalnya, hingga yang tak kalah penting adalah memahami cara klaim asuransi tersebut. Jadi kelak jika Anda membutuhkannya, maka bisa dilakukan klaim secara lebih mudah dan bisa mendapatkan nilai manfaatnya secara optimal.

Asuransi life Indonesia ini sendiri biasanya menawarkan 2 jenis sistem klaim khususnya untuk asuransi kesehatan. Sebelumnya kenali terlebih dahulu sistem-sistem tersebut beserta kekurangan dan juga kelebihannya, yaitu:

Asuransi Life Indonesia: Mengenal 2 Jenis Sistem Klaim Asuransi Kesehatan, Jangan Sampai Salah Pilih

  1. Sistem reimbursement, jika dilihat sistem klaim yang satu ini memang kurang begitu populer, karena cukup jarang diantara perusahaan asuransi yang menggunakannya. Karena pemegang polis asuransi kesehatan tersebut nantinya harus membayar biaya pengobatan terlebih dahulu menggunakan uang pribadi. Baru kemudian biaya pengobatan tersebut akan diganti dengan uang yang dicairkan oleh pihak perusahaan asuransi. Secara garis besar sistem klaim yang satu ini memang terlalu memberatkan, apalagi jika seandainya bagi beberapa kalangan yang tidak memiliki uang untuk kepentingan berobat. Belum lagi jika seandainya nasabah dengan sistem klaim reimbursement ini tidak dilayani dengan baik, tentunya akan berakibat secara fatal, karena tidak bisa menikmati fasilitas yang seharusnya didapatkan dari perusahaan asuransi mereka.
  2. Sistem cashless, sistem asuransi ini paling banyak digunakan oleh peserta asuransi, karena memang sangat praktis dan juga menguntungkan. Nantinya seorang peserta asuransi tersebut sudah bisa mendapatkan sebuah kartu peserta, kartu inilah yang digunakan untuk menanggung biaya pengobatan. Tinggal menunjukkan kartu tersebut ke pada rumah sakit provider, nantinya sebagian biaya tentu akan dicover sesuai dengan plafon perjanjian antara peserta asuransi dan juga perusahaan tersebut. Proses klaimnya jauh lebih mudah dan juga menguntungkan, karena Anda tidak perlu keluar uang pribadi terlebih dahulu. Hanya saja jika seandainya jumlah tagihan rumah sakit melebihi plafon manfaat yang diberikan, maka nantinya baru dibayar dengan tambahan uang pribadi.

Sangat penting untuk mengenal sistem klaim asuransi ini, sehingga nantinya Anda tidak salah di dalam memilih. Karena banyak nasabah yang merasa dirugikan mengingat tidak menikmati fasilitas asuransi kesehatan mereka secara optimal dengan alasan pengajuan klaim yang dirasa terlalu sulit tersebut,


Memilih perusahaan penerbit asuransi life Indonesia yang terbaik nyatanya juga tidak semudah yang dibayangkan, selain nama besarnya, maka Anda sendiri juga harus mempertimbangkan premi yang ditawarkan, bagaimana dengan reputasi perusahaan tersebut hingga kesehatan keuangannya. Carilah yang sudah benar-benar dijamin layaknya Asuransi Allianz, di Indonesia sendiri kantor cabangnya begitu banyak, sehingga sangat mudah bagi Anda jika seandainya ingin mendaftar atau membeli produknya.

Tidak ada komentar