Zakat Fitrah Online Melalui E-Commerce

Share:
Perkembangan teknologi mempengaruhi beberapa kegiatan yang biasa dilakukan manusia. Kini pembayaran zakat ataupun infaq online dapat dilakukan melalui e-Commerce. Bahkan, cara yang satu ini telah menjadi banyak pilihan banyak masyarakat Indonesia dan akhirnya menjadi tren. Zakat online ini dinilai memudahkan para Muzaki (pemberi zakat) karena mereka tidak perlu direpotkan dengan memikirkan siapa saja yang wajib dizakatkan. Zakat online pun dinyatakan dapat menjangkau masyarakat luas tanpa batasan tempat.

Zakat Fitrah Online Melalui E-Commerce

Zakat online dapat di transfer menggunakan beberapa alternative seperti internet banking, virtual account, e-money, EDC dan e-Commerce. Beberapa survey menyatakan bahwa maraknya zakat secara online sudah terjadi sejak tahun 2015. Dari metode konvensional atau secra langsung, kini sudah banyak yang menggunakan jasa online untuk menyalurkan zakat mereka.
Meski sampai saat ini masih banyak perdebatan mengenai zakat online, nyatanya reputasi zakat online di Indonesia telah banyak menuai pujian, mungkin dikarenakan pada tahun 2016 lalu sebanyak 75 persen dari Rp. 230 miliar zakat sudah dikumpulkan, dan hasil ini diperoleh dari zakat secara online.

Peluang yang tersebut di atas lah yang akhirnya ditindaklanjuti oleh pelaku e-Commerce di tanah air. Mereka bekerja sama dengan badan pengelola zakat agar menyediakan layanan pembayaran zakat di situs e-Commerce.

Platform e-Commerce yang terpercaya salah satunya adalah Elevenia. Sejak 2015, Elevenia menjadi jasa pengumpul zakat oleh Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat. Tak Cuma itu ada beberapa lembaga lain yang menjadi mitra.

Arifin Purwakananta Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi, dan Informasi nasional Bada Amil Zakat nasional (Baznas) menuturkan bahwa semakin banyaknya masyarakat yang gemar bertransaksi menggunakan digital, ia bersama komunitasnya sangat optimis untuk menghimpun 30 persen dari target Rp. 6 triliyun. Baznas pun akan berkomitmen mengentaskan kemiskinan melalui pengedukasian kepada masyarakat melalui sosialisasi zakat yang terukur.

Proses pembayaran melalui online tidak memerlukan tatap muka, Anda hanya perlu sedikit mengotak-atik layar telepon anda dan transaksi zakat akan berhasil. Melalui e-Commerce para pemberi zakat dapat memilih jenis sumbangannya antara lain Bingkisan lebaran, Syiar Quran, hingga paket buka bagi anak yatim. Yingkatan donasi yang diberikan dimulai dari Rp.25.000 sampai Rp. 360.000. Bayu juga menuturkan bahwa ia berharap Elevenia dapat mengumpulkan donasi lebih dari 2 kali lipat dari pada tahun sebelumnya.

Beberapa Situs Penyedia Zakat Online

Wakil presiden Komunikasi Perusahaan Nuraini Razak menuturkan sebagai perusahan teknologi yang ada di Indonesia pihaknya sangat mendukung pembayaran zakat fitrah untuk mempermudah masyarakat menyalurkan zakatnya. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tentang siapa yang akan menerima zakat tersebut. Ada beberapa e-Commerce yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk menyalurkan zakat Anda.

1. Bukalapak

Anda hanya perlu mengunjungi aplikasi buka lapak yang saat ini telah menyediakan situs pembayaran zakat secara mudah, lalu pilih layanannya. Anda bisa menyalurkan zakat mulai dari Rp 10 ribu. Anda juga bisa memanfaatkan kalkulator zakat yang ada di aplikasi tersebut.

Aplikasi bukalapak sendiri telah bekerja sama dengan Lazisnu, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah YAtim, Lazismu, dan Aksi Cepat Tanggap. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa lembaga tersebut yang menarik minat Anda dan pastinya terpercaya.

2. Tokopedia

Tokopedia bekerja sama dengan lembaga ternama yakni LAZ Al-Azhar, kini telah tersedia di aplikasi Tokopedia pembayaran zakat secara mudah. Hanya dengan mengunjungi aplikasinya dan segera pilih layanan zakat serta jangan lupa untuk memilih lembaga mana yang akan menjadi penyalur zakat yang Anda berikan. Pilih nominal yang akan Anda zakatkan dan segera transfer uang Anda seperti ketika Anda berbelanja online.

3. Blibli

Salah satu aplikasi penyedia zakat online selanjutnya adalah Blibli. Caranya hampir sama seperti dua aplikasi sebelumnya. Kunjungi aplikasi Blibli.com pilih kategori isi ulang dan pilih form zakat. Anda akan diberikan kolom pembayaran dan Anda bisa mengisinya sesuai zakat yang harus Anda zakatkan. Situs ini menyediakan penyaluran zakat mulai dari Rp 10 ribu serta bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Aksi Cepat Tanggap.

Beberapa situs di atas dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin mengikuti tren membayar zakat melalui e-Commerce. Silahkan pilih Lembaga yang benar-benar terpercaya sebelum melakukan zakat online. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar