3 Sedekah Paling Utama Di Sisi Allah

Share:

Sedekah merupakan  salah satu bentuk ibadah yang disukai oleh Allah.  Sedekah bisa anda lakukan kapan saja dan juga dimana saja. Hal ini dikarenakan dengan perkembangan zaman teknologi, maka sedekah bisa dilakukan dengan mudah dan praktis yaitu berupa infaq online. Dalam bersedekah, terdapat waktu- waktu yang paling diutamakan. Dan waktu sedekah yang paling utama itu adalah di bulan suci romadhan.  Hal ini sudah  disebutkan dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi, yang saat itu Rasulullah SAW sedang ditaya oleh beliau “ sedekah yang bagaimana yang paling utama?” dan Rsaulullah menjawab “sedeah yang dilakukan pada saat bulan Ramadhan”.

3 Sedekah Paling Utama Di Sisi Allah

Seperti, halnya pada suasana  pandemi Covid-19 ini dengan  anjuran tidak boleh keluar dari rumah, maka sedekah online  adalah solusi bagi anda.  Dengan hadirnya sedekah online , maka tidak ada alasan untuk anda tidak bersedekah. Untuk melakuakan sedekah tidak ada aturan ataupun batasan harus kepada siapa anda memberikannya dan berapa besaran yang harus diberikannya. Namun, tenyata terdapat jenis dari sedekah dimaan itu sangat di utamakan di sisi Allah swt.

Lantas, sedekah yang bagaimanakah yang paling utama di sisi Allah swt? Terdapat, banyak macam-macam jenis sedekah. Namun, hanya terdapat 3 macam sedekah paling diutamakan  di sisi Allah swt.  Nah, buat anda yang masih belum tahu apa saja sih sedekah paling utama di sisi allah itu? Kami akan membagikan penjelasan tentang  sedekah paling utama di sisi Allah. Untuk penjelasannya, anda bisa menyimak ulasan kami dibawah ini.

Ini Dia 3 Macam Dari Sedekah Paling Utama Di Sisi Allah Yang Harus Diketahui Umat Muslim

1.     Sedekah Jariyah

Sedekah paling utama yang di sukai Allah adalah sedekah jariyah. Sedekah ini merupakan  jenisdari sedekah yang niatnya adalah untuk sebuah kebaikan. Dengan bersedekah jariyah, maka niat kebaikan ini nanti akan tetap selalu dirasakan sampai orang tersebut yang sudah memberikan sedekah telah tiada.  Contoh dari jenis sedekah jariyah ini adalah bersedekah untuk pembangunan sebuah masjid, pembangunan saluran air dan lain sebagainya.  Atau dalam pengertian lain, yang dinamakan sedekah jariyah ini adalah sebuah sedekah yang dikhusukan untuk hal kebaikan dimana dari hasil sedekah ini di buat untuk kepentingn bersama. Dan pahala yang akan diperoleh oleh orang yang melakukan sedekah jariyah ini adalah pahala yang secara terus menerus sampai orang tersebut telah tiada.

Bahkan sudah diriwayatkan di suatu hadits. Yang inti dari hadist tersebut isinya adalah. “apabila terdapat anak dari keturunan Adam sudah wafat, maka amal yang telah dilakukan selama hidup didunia itu akan terputus, kecuali ada tiga hal yaitu sedekah jariyah, memiliki ilmu yang sudah bermanfaat serta anak tersebut adalah anak yang sholeh dimana selalu mendoakan kedua orang tuanya.”

2.     Sedekah Yang Dilakukan Dengan Sembunyi- Sembunyi

Selanjutnya sedekah yang paling utama di sisi Allah adalah sedekah yang dilakuakn dengan sembunyi- sembunyi. Alllah sangat tidak menyukai seseoiarng yang melakukan sedekah tapi, mereka melakukannya dengan pamer (riya). Allah lebih menyukai sedekah yang dilakuakn tanpa sepengetahuan orang lain. Hal ini karena riya’ sendiri merupakan suatu sikap yang sangat tidak sukai oleh Allah. Dan jika melakukan sedekah dengan pamer( riya) tersebut, maka pahala dari sedekah itupun tidak akan diperoleh. Jadi, sangat sia- sia jika sudah bersedekah, namun tidak mendapatkan pahala dari sedekah tersebut akibat dari perbuatannya yang melakukan riya.

Bahkan, dalam surat Al- Baqarah di ayat 262 telah disebutkan bahwa “ setiap orang yang melakukan sedekah atau menafkahkan sebagian dari hartanya itu di jalan Allah, dan ketikan melakukannya dengan tidak memeberitahukan barang apa yang disedkahkan kepada orang lain dan pada saat  bersekah tidak menyakiti perasaan dari penerimanya maka pahala akan didapatkan di sisi Allah.

Selain di surat Al baqarah di ayat 262, di ayat 264 juga telah disebutkan bagi orang yang melakukan riya’ atau memamerkan dari amalan sedekahnya.

Dan dari ayat itulah sudah dikatakan dengan jelas bahwasannya jika akan bersedekah haruslah bersembunyi- sembunyi, karena hal itu akan mendapatkan nilai pahala dari sedekah. Lain lagi jika  bersedekah dengan sengaja dipamerkan ke orang lain. Maka hal seperti itu tidak akan mendaptakan nilai pahala.

 

3.     Sedekah Yang Ditujukan Untuk Kerabat

Sedekah yang utama di sisi Allah yang terakhir adalah sedekah yang ditujukan untuk anggota kerabatnya.  Memang dalam melakukan sedekah itu tidak harus memilih- milih untuk siapa sedekah yang akan diberikan. Namun, Allah sangat menyukai umatnya yang melakukan sedekah dengan mendahulukan untuk kerabatnya. Apalagi, jika salah satu anggita kerbat terdapat yang tidak mammpu, maka itulah yang harus didahulukan daripa orang- orang lain yang bukan dari anggota kerabat anda.

Hal ini sudah  terdapat hadits yang di riwayatkan oleh Tirmidzi.  “Dimana inti dari hadits tersebut adalah jika melakukan sedekah dan diberikan kepada orang miskin maka akan bernilai sbanyak satu sedekah dan jika melakukan pemeberian sedekah untuk kerabnatnya, maka bernilai dua yaitu berupa pahala sedekah serta silaturrahim”.

Dari riwayat hadits diatas, bahwasannya jika anda memberikan sedekah dengan mendahulukan orang- orang terdekat yaitu akan berniila dua pahala. Yaitu dari pahala sedekah dan juga pahala silaturrahim.

Namun, tetap harus memperhatikan bahwa kerabat yang anda berikan sedekah itu adalah mereka yang memar kurang mampu atau sedang terkena musibah adalah yang paling diutamakan.

 

Dari ketiga sedekah yang paling disukai Allah yaitu sedekah jariyah, sedekah yang dilakukan dengan sembunyi- sembunyi, dan sedekah yang ditujukan oleh kerabat. Dari ketiga tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaat sedekah online. Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa sedekah online  itu tidak akan memperoleh pahala. Karena sejatinya, asalkan anda melakuakn sedekah dengan niat dan memang tidak diketahui oleh orang lain atau dilakuakn dengan sembunyi- sembunyi itu, meskipun dengan memanfaatkan adanya program sedekah online juga tidak akan mengurangi pahala dari niat tersebut.

Memang terkadang sangat sulit jika harus bersedekah dengan cara sembunyi- sembunyi dan yang laiinya karena terdapat keinginan dimaan mereka ingin dipandang sebagai orang baik dengan selalu bersedkah. Semoga anda semua tidak termasuk kedalam golongan orang- orang tersebut. semoga tetap istiqomah dalam bersedekah dan bisa menerapkannya dengan jenis sedekah yang diutamakan oleh Allah swt. Karena hal itu akan sangat bernilai pahala yang sanga besar.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang 3 sedekah yang paling utama di sisi Allah. Bagiamana, ketiga jenis sedekah tersebut sangat tidak sulit bukan jika anda melakukannya?  Semoga informasi diatas dapat menambah ilmu dan pengetahuan serta wawasan bagi anda semua dalam melakukan sedekah. Dan dari informasi yang kami sajikan diatas, semoga anda semua bisa melakukan sedekah dengan jenis sedekah yang paling utama di sisi Allah swt.  Karena selain bersedekah itu bernilai ibadah serta mendatangkan pahala, anda bisa juga membantu orang- orang yang sedang kesusahan.

Tidak ada komentar