Serba-serbi Seputar Cara Klaim Asuransi Allianz Kesehatan

Share:

Klaim asuransi yang mudah merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih produk asuransi. Dimana hal tersebut pada umumnya tergantung dari kepintaran konsumen untuk dapat memilih produk asuransi dan juga karena mengetahui prosedur yang tepat ketika akan mengajukan klaim. Mengetahui cara klaim yang tepat tersebut juga akan penting untuk diperhatikan sehingga nantinya klaim yang Anda ajukan akan lebih mudah untuk disetujui oleh pihak asuransi. Seperti misalnya bagi Anda yang akan mengajukan klaim asuransi kesehatan ke pihak Allianz, di bawah ini merupakan prosedur atau cara klaim asuransi Allianz (link ke ) kesehatan yang bisa digunakan agar disetujui:

Serba-serbi Seputar Cara Klaim Asuransi Allianz Kesehatan


1. Persiapkan formulir Allianz saat berobat

Langkah prosedur klaim pertama yang harus diperhatikan agar klaim asuransi kesehatan Anda nanti diterima adalah dengan tidak meninggalkan formulir klaim. Hal ini penting untuk diperhatikan dan sangat mudah untuk dilakukan. Dimana cara yang bisa digunakan adalah dengan membawa dan mengisi dengan lengkap formulir Allianz saat berobat. Anda bisa mendapatkan formulir tersebut dengan sangat mudah di website Allianz. Selain itu juga bisa mendapatkannya di cabang Allianz terdekat. Akan tetapi memang lebih mudah untuk mengunduhnya dari website Allianz yang bisa diakses dengan cepat dan mudah di www.allianz.co.id/layanan/download.

2. Meminta dokumen ketika berobat

Hal selanjutnya untuk mendapatkan klaim asuransi agar disetujui adalah dengan meminta dokumen yang dibutuhkan ketika berobat. Dimana beberapa dokumen yang harus diminta kepada dokter atau rumah sakit tempat berobat adalah:

• Pertama adalah dengan meminta surat rujukan ketika kondisi kesehatan Anda harus dirujuk ke rumah sakit yang lain.

• Selanjutnya adalah meminta hasil pemeriksaan penunjang diagnostik dan fisioterapi.

• Dokumen penting selanjutnya yang harus diminta adalah diagnosa dari dokter untuk mengetahui hasil.

• Dokumen selanjutnya adalah mengenai resume medis yang harus ditandatangani dan juga mendapatkan cap dari dokter dan rumah sakit.

Terakhir adalah menyerahkan salinan resep yang Anda dapatkan dari pengobatan yang telah dilakukan.

3. Minta bukti pembayaran

Selain mendapatkan surat mengenai hasil pemeriksaan dan lainnya ketika berobat, nantinya Anda juga akan mendapatkan bukti pembayaran yang telah dilakukan. Bukti pembayaran tersebut merupakan hal penting untuk disimpan karena hal tersebut juga merupakan salah satu syarat dari pengajuan klaim yang akan dilakukan. Dimana bukti pembayaran, tindakan, dan juga kwitansi asli merupakan salah satu syarat dalam klaim asuransi kesehatan Allianz.

4. Cara mengajukan klaim

Setelah bukti telah dikumpulkan seperti syarat di atas, langkah selanjutnya adalah dengan mengajukan klaim asuransi kesehatan. Langkah bisa dilakukan dengan dua cara yaitu yang pertama adalah dengan mengajukan klaim dengan mudah lewat website. Anda bis untuk mengajukannya lewat Allianz eAZy Claim. Dimana cara ini merupakan cara terbaru untuk memudahkan pemegang polis untuk mengajukan klaim. Tetapi cara selanjutnya juga masih bisa digunakan yaitu dengan mengirimkan dokumen klaim yang telah disiapkan ke kantor pusat Allianz yang ada di Jakarta.

5. Menunggu konfirmasi dan pencairan

Cara klaim asuransi Allianz terakhir untuk mendapatkan asuransi kesehatan Individu adalah dengan menunggu konfirmasi dari pihak Allianz. Dimana klaim yang telah diajukan nantinya akan dilakukan penganalisaan data yang telah diberikan. Hal tersebut untuk memutuskan apabila klaim yang diajukan diterima atau ditolak. Keputusan tersebut nantinya diambil dari kebijakan polis asuransi dan juga peraturan perusahaan. Dan setelah melakukan analisa dan disetujui, maka langkah terakhir adalah penerimaan klaim. Pihak Allianz akan memberikan klaim yang telah diterima dalam 7 hari kerja.

Tidak ada komentar